Bahaya Game Untuk Anak-Anak

Bahaya Game Untuk Anak-Anak - Apakah gangguan komunikasi atau gagap saat berbicara pada anak-anak utlak karena faktor genetik atau bawaan sejak lahir? tahukah anda bahwa ternyata hal ini bisa terjadi karena faktor psikolois juga. Faktor apa saja yang dapat menyebabkan anak-anak mengalami hal ini dan apa saja yang mesti dilakukan para orang tua untuk menangani hal ini....???
Tahukah anda bahwa gagap saat berbicara (gangguan berkomunikasi) umumn terjadi pada anak usia 3 - 7 tahun yang ditandai dengan tersendatnya saat pengucapan kata-kata atau kalimat-kalimat atau juga huruf-huruf bahkan sampai sulit untuk mengeluarkan suara sama sekali. anak-anak yang mengalami hal ini disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor fisik dan faktor psikologis.
Adapun faktor fisik karena adanya faktor bawaan sejak lahir yakni saat si anak tersebut berada dalam kandungan ibu (genetik). Hal ini disebabkan karena terjadinya infeksi saat si ibu sedang hamil dan juga karena kebiasaa sebagian masyarakat yang sering mengkonsumsi obat-obatan tanpa resep dokter. Faktor genetik ini pada akhirnya dapat menyebabkan ketidaksempurnaan secara fisik seperti gangguan pada syaraf bicara, gangguan alat bicara dan keterbatasan lidah.
Sedangkan faktor psikologis misalnya karena stress terhadap lingkungan sekitarnya dan salah satunya adalah kebiasaan anak bermain game yang penuh dengan tantangan dan berlevel-level seperti strategi perang, balapan dan game yang membutuhkan kerja otak secara berlebihan. Hal ini karena pada saat anak-anak bermain game, otak si anak tadi akan dipacu untuk bekerja berlebihan sehingga neutransmitter bertambah sehingga tidak terjadi sinkron antara apa yang dipikirkan dengan apa yang diucapkan. Namun faktor psikologis bukan hanya akibat pengaruh bermain game saja tetapi bisa juga karena pengaruh trauma akibat pertengkaran kedua orang tua, kesedihan, kecemasan dan juga penyesuaian si anak terhadap lingkungan barunya.
Untuk mengatasi hal ini yang terjadi pada anak-anak yang menderita gagap saat berbicara sebaiknya para orang tua tak usah menyembunyikan hal ini sebb tak sedikit banyak orang tua merasa malu jika mendapati anaknya menderita kelainan ini padahal justru dalam kondisi seperti ini si anak membutuhkan perhatian agar kondisi ini berkurang bahkan bisa hilang sama sekali.
Berikut tips agar anak-anak terhindar dari penyakit ini dan yang menderita gagap saat berbicara untuk kembali normal seperti sedia kala atau seperti anak-anak lain pada umumnya adalah sebagai berikut :
- Membawa anak yang menderita penyakit ini secepat mungkin ke psikiater untuk mendapatkan penanganan.
- jangan mengisolasi anak agar si anak tersebut tidak mengalami tekanan.
- Menjaga anak bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya
- menghindari si anak untuk bermain game yang berlebihan
- jangan mengkritik anak yang menderita penyakit ini saat berbicara
 demikianlah artikel tentang bahaya game untuk anak-anak
Sumber : Harian Fajar, Makassar

5 comments:

dokunimus said...

Kebanyakan nge game akan membuat tulang rapuh, karena badan sering diposisikan dalam satu posisi dan jarng digerak gerakkan

Ady Blink said...

Tetapi menurutku game juga ada fungsinya kok, dari pada anak buat yang macem-macem mending ia main game!

cerdaskom said...

yah bermain game secara teratur dan dituntun orang tua membuat anak lebih cerdas berpikir

Ariefinity said...

tapi jangan lama" juga mainnya karena akan berdampak negatif..

Ariefinity said...

betul tuh gan..

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...