Monster-monster Laut Dalam yang mengerikan

1. Chimaera



Chimaera adalah hewan bertulang lunak dari ordo Chimaeriformes, yang disebut juga sebagai hiu hantu, ratfish, atau rabbitfish. Mereka mungkin merupakan "kelompok ikan yang tertua dan paling menyisakan tekateki hingga sekarang". Pada suatu waktu, sebuah kelompok yang "beraneka ragam dan melimpah-limpah" (berdasarkan penemuan fosil), mengalami masa evolusi sejak sekitar 400 juta tahun yang lalu dan telah terisolasi di laut yang dalam (sekitar 2.600 meter di bawah permukaan laut). Mereka adalah saudara dekat dari hiu.

2. Viperfish





Viperfish merupakan ikan laut dalam dari genus Chauliodus yang memiliki gigi panjang dan berbentuk seperti mie, dan cakar bawah yang berengsel. Mereka dapat tumbuh hingga sepanjang 30-60 cm. Viperfish hidup pada kedalaman 250-5000 kaki di bawah laut pada siang hari dan naik ke laut dangkal pada malam hari. Viperfish utamanya tinggal di perairan tropis. Mereka adalah salah satu predator terganas di bagian laut yang sangat dalam dan dipercaya bahwa mereka menyerang mangsanya dengan menarik perhatian sang mangsa dengan organ penghasil cahaya. Organ ini disebut Photophore dan berada di akhir dari tulang punggungnya (dorsal spine).

3. Pelican Eel




Gambar kedua menunjukkan gurita yang ditemukan di dalam perutnya gan!

Belut pelikan, atau Eurypharynx pelecanoides, merupakan ikan laut dalam yang sangat jarang ditemukan oleh manusia, walaupun kadang2 ia terjerat oleh jaring nelayan. Ia berbentuk seperti belut, dan merupakan satu2nya anggota dari genus Europhetrix dan family Eurypharyngidae. Ia tergolong dalam ordo Saccopharyngiformes yang memiliki kekerabatan sangat dekat dengan belut di ordo Anguilliformes. Ia hidup pada kedalaman sekitar 900-8.000 meter dan dapat tumbuh hingga sepanjang 1 meter.

 4. Dana Octopus Squid



Hewan ini memiliki nama latin Taningia danae, dan merupakan spesies gurita dari family Octopoteuthidae. Mereka merupakan salah satu dari spesies gurita terbesar yang telah diketahui. Tentakelnya memiliki panjang 1,7 meter dengan panjang total 2,3 meter. Spesimen terbesar yang diketahui, yaitu seekor betina dewasa, memiliki berat 61,4 kg.

 5. Ocean Sunfish


Ini dia yang ditunggu2. Hewan ini disebut juga sebagai Mola mola, dan merupakan ikan bertulang terberat di dunia. Spesies dewasanya rata2 memiliki berat 1 ton. Spesies ini berasal dari daerah perairan tropis. Sunfish dapat berukuran setinggi panjangnya ketika sirip bagian dorsal dan ventralnya direntangkan. Kabar2nya juga hewan ini merupakan hewan asli di perairan pulau Bali.

6. Colossal Squid




7. Stargazer








8. Grenadier (Rattail)







sumber:kaskus

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...