Bahaya Radiasi Laptop

http://3.bp.blogspot.com/-8hsnO_WqAKc/TkHIL4XoKNI/AAAAAAAAAEo/gAZPpA6Jpwc/s1600/1255164487.jpg 
Bahaya Radiasi Laptop - Jika dibandingkan dengan layar monitor PC, layar laptop menghasilkan radiasi yang jauh lebih sedikit. Akan tetapi, “jauh lebih sedikit” tidak sama dengan “tidak ada”. Sebabnya banyak piranti elektronik di rumah kita yang menghasilkan radiasi dengan kadar tertentu, mulai dari televisi, DVD player, dan tentu saja telpon genggam. Piranti-piranti ini semua seakan telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari kita sehingga hampir tidak mungkin membayangkan hidup tanpanya.
Risiko untuk mengalami masalah kesehatan akibat keterpaparan radiasi meningkat dramatis apabila kita menghabiskan banyak waktu di dekat radiasi ini dan khususnya ketika menggunakan teknologi nirbakel (wireless), seperti banyak diantara kita yang lakukan ketika menggunakan laptop. Kekhawatiran utama dengan laptop adalah bahwa seringkali laptop diletakkan di atas paha, yang mana sangat dekat dengan organ reproduksi sehingga sangat logis jika hal tersebut dikatakan dapat mengganggu kesuburan dan menyebabkan kanker. Kedengarannya cukup mengerikan bukan?
Tetapi benarkah bahwa radiasi laptop memang berbahaya? Terlepas dari apakah pertanyaan ini telah terjawab atau tidak, hal yang pasti adalah bahwa radiasi bisa berbahaya dalam dosis besar. Lalu bagaimana dengan laptop?
Isu ini masih kontroversial karena ada yang mengatakan bahwa tidak ada bukti sama sekali untuk mendukung klaim-klaim yang menyatakan bahwa radiasi laptop berbahaya, sementara yang lain sangat yakin bahwa radiasi laptop benar-benar berbahaya dan efek negatif tersebut semakin buruk, khususnya karena sekarang ini semakin banyak anak-anak yang menggunakan laptop untuk mengerjakan PR, bermain game, dan lain-lain, sementara kita tahu bahwa anak-anak lebih berisiko karena radiasi.
Menghentikan penggunaan laptop hanya karena alasan risiko yang terkait dengan radiasi saya pikir tidak mungkin, tetapi setidaknya ada beberapa tindakan yang bisa kita lakukan untuk membatasi keterpaparan jika memang radiasi laptop terbukti berbahaya.
Pertama, jika memungkinkan letakkanlah laptop Anda pada permukaan yang lain jangan di paha Anda, dan ini khususnya penting jika Anda perlu menghabiskan waktu yang lama dengan laptop secara reguler. Saat menggunakan laptop upayakan beristirahat setiap 15 menit atau setiap jam dan jangan duduk terlalu dekat dengan dengan layar.
Tindakan lain yang bisa Anda lakukan adalah membeli laptop shield yang dapat menyaring sebagian radiasi. Sekalipun begitu belum ada yang benar-benar tahu secara pasti apakah radiasi laptop adalah sesuatu yang harus dikhawatirkan atau tidak dan sebelum ini terbukti benar, tidak banyak yang dapat kita lakukan selain hanya menunggu hasil penelitian-penelitian terbaru.
Dalam pada itu, hal terbaik yang dapat kita lakukan untuk melindungi diri kita adalah memastikan bahwa kita memiliki kesehatan yang baik dan mengkonsumsi banyak buah-buahan segar dan sayuran dalam diet sehingga mendapatkan lebih banyak antioksidan kesehatan yang akan membantu membersihkan semua toksin-toksin dan radikal bebas dari tubuh kita.

referensi : http://masdinsite.info/

2 comments:

Condition monitoring said...

thanx infonya ...
sekarang ane juga udah gk terlalu sering menyalakan laptop/ komputer.. ^^

Bokep Indonesia said...

thanks mas.saya belum punya laptop,tapi untuk kedepannya saya jadi tahu kl memangku laptop itu tidak baik.skl lg thanks infonya

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...